Sabtu, 29 Maret 2014

cara merawat kucing

Cara merawat kucing membutuhkan sedikit kesabaran untuk melihat hewan kesayangan ini, tumbuh menjadi kucing-kucing yang lucu. Memiliki hewan peliharaan terkadang membawa perasaan tersendiri yang menyenangkan karena disaat keadaan pikiran yang penat, bermain dengan hewan peliharaan akan mengalihkan pikiran kita. Jika anda baru ingin memulai merawat kucing, pada artikel ini akan kami jelaskan bagaimana cara merawat kucing benar.


Cara Merawat Kucing

Cara merawat kucing di mulai dari apa saja yang akan dibutuhkan untuk memeliharanya di rumah. Berikut ini berbagai macam hal yang perlu dipersiapkan :
Makanan yang tepat
Kucing biasanya mulai makan makanan padat di sekitar 4 minggu usia tapi masih menyusu pada ibunya. Makanan yang dapat dibeli di supermarket biasanya mengandung diet seimbang untuk kucing atau anak kucing. Ada banyak merek untuk dipilih dari banyak produsen seperti makanan dalam kaleng, roti dan sebagainya. Memilih merek premium tidak selalu diperlukan tetapi anda perlu meyakinkan dapat dengan memeriksa kemasan yang menuliskan seperti “persyaratan gizi total untuk kucing dan anak kucing “.
Suplemen untuk kucing dapat diberikan dengan daging cincang segar, ikan atau ayam sesekali agar kucing tidak merasa bosan dengan makanan kalengan saja. Yang terpenting adalah, Jangan memasukkan kembali ke dalam lemari es ketika kucing tidak habis memakannya untuk diberikan lagi nanti karena dapat terkontaminasi oleh bakteri.
Cara merawat kucing yang baik dengan tidak memberikan anak kucing susu sapi, karena banyak anak kucing yang tidak toleran terhadap laktosa yang dapat menyebabkan perut diare. Susu yang dibuat khusus untuk kucing dan anak kucing sudah banyak tersedia di supermarket.
Tempat tidur
Memberikan tempat tidur kucing yang hangat, terutama ketika cuaca dingin. Kucing suka mendekat pada ibunya untuk mendapatkan kenyamanan dan kehangatan. Ada banyak tempat tidur kucing yang berbeda tersedia dalam segala bentuk dan ukuran. tapi tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk tempat tidur kucing. Kucing akan sangat senang dalam kotak kardus yang dilapisi dengan selimut, yang penting adalah bahwa ia memiliki tempat yang hangat untuk tidur dan berpelukan.
Jika cuaca benar-benar dingin, cobalah untuk membuat tempat tidur kucing nyaman dengan menaruh botol air panas di bawah selimut. Kucing dan anak kucing akan suka meringkuk di tempat tersebut.
Bermain sedikit kasar
Kucing bermain agresif karena itulah sifat secara alami mereka. Banyak orang memahami anak kucing bahwa mereka hewan peliharaan manis sedikit tapi menyadari sifat alaminya. Kucing memiliki semua gigi dan cakar! Anda harus ingat bahwa anak kucing memiliki naluri untuk bermain kasar. Ini adalah bagian dari perkembangan anak kucing normal untuk bermain agresif karena mereka belajar sebagai predator di alam liar akan perlu tahu untuk bertahan hidup.

Cara Merawat Kucing Dari Sisi Kesehatan

Memelihara kucing dengan cara merawat kucing yang benar akan membuat kita terhindar dari bahaya memelihara kucing yang berasal dari bulu-bulunya. Untuk itulah beberapa tindakan berikut akan membuat penghuni rumah terasa nyaman bersama kucing kesayangan :
Mencegah parasit, cacing dan kutu
Anda perlu untuk menjaga kucing bebas dari cacing dan kutu. Kutu dapat membuat hewan peliharaan sangat tidak nyaman dan infestasi kutu dapat membunuh kucing kecil. Cacing parasit seperti cacing pita , cacing gelang dan cacing tambang dapat membuat kucing sakit dengan gejala seperti penurunan berat badan , diare , muntah , kehilangan nafsu makan dan sebagainya.
Vaksinasi
Kucing memberikan risiko penularan salah satu dari beberapa penyakit menular. Ini termasuk Enteritis Infeksi ( Panleucopenia ), Leukemia dan ‘”Cat Flu” ( Penyakit Pernafasan Menular ). Vaksinasi dapat bervariasi di berbagai negara sehingga segeralah meminta dokter hewan untuk melakukan vaksinasi yang tepat untuk kucing anda.

tapi ada perawatan khusus jika pada jenis-jenis kucing yang berbulu tebal dan lebat, seperti kucing anggora...

Berikut ini adalah beberapa cara merawat kucing anggora:


1.    Biasakan untuk memakan makan makanan kucing yang kering (dry food) sejak kecil karena makanan kaleng untuk kucing (wet food) tidaklah bagus untuk kesehatan jangka panjang si kucing. Selain itu, lebih baik untuk tidak mencoba memberikan makanan lain selain catfood seperti ikan, ayam, atau makanan hewani lainnya karena makanan tersebut cenderung akan mengganggu pertumbuhan bulu kucing angora
2.     Untuk porsinya, anda bisa memberinya makan 3x sehari dengan porsi 1 takaran full unutk porsi kucing dewasa. Atau anda bisa melihat sendiri takaran yang dianjurkan pada bungkus makanan kucing yang anda beli tersebut. 
3.      Beri minum berupa air putih yang sudah cukup matang sudah cukup. Jangan sering-sering member susu dan jangan diberikan susu untuk manusia.
4.      Pastikan ukuran kandang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Misalnya kucing angora anda sudah seberat 4 kg, maka anda bisa menggunakan kandang berukuran 90 x 63 x 65 cm. Kandang yang baik adalah yang terbuat dari aluminium, sehingga tidak berkarat, dan jerujinya lebar agar sirkulasi udaranya bagus.
5.      Bersihkan kotak pasir setiap hari dan cuci kandang seminggu sekali, lalu semprot dengan desinfektan.
6.   Setelah kucing berumur 3 bulan segera lakukan vaksinasi. Ikuti saja saran dokter untuk melakukan vaksinasi apa saja. Biasanya dokter akan mewajibkan 3 kali vaksinasi, sementara yang tahunan mereka sebut “tidak wajib”.
7.   Anda perlu memandikannya setidaknya 2 minggu sekali atau seminggu sekali juga lebih bagus untuk menjaga kebersihannya. Sisirlah sehari sekali bulunya agar bulunya tidak kusut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar